Fitur dan Spesifikasi iPhone SE

Akhir bulan Maret 2016 silam, Apple resmi meluncurkan ponsel iPhone SE sebagai penerus dari iPhone seri sebelumnya. Pastinya dengan mengeluarkan smartphone ini, Apple sudah menyiapkan beberapa perbaikan diberbagai aspek dari seri sebelumnya. Apa saja perbaikan yang diberikan pada iPhone SE ini?

Body iPhone SE terlihat lebih ramping dari seri sebelumnnya karena bentuknya memanjang dengan ukuran 123.8 x 58.6 x 7.6 mm, sedangkan beratnya hanya 113 gram saja. Di iPhone ini, Apple lebih memfokuskan user untuk mengoperasikan aplikasi dan fitur yang ada. Selain itu, ketebalan yang dimilikinya hanya 7.6 mm, sehingga tampilan fisiknya begitu menawan.

Ukuran layar utamanya pun cukup kecil, yaitu hanya 4 inch. Teknologi pada layar iPhone SE juga sudah bagus, yakni LED backlit IPS LCD capasitive touchscreen dengan variasi hingga 16 juta warna. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas gambar yang cukup jelas dan jernih.

Bagaimana dengan sektor mesinnya? Apple memberikan iOS versi 9.3 untuk iPhone SE dan untuk prosesornya menggunakan dual core 1.84 GHz twister. Kedua komponen ini mampu memberikan daya gebrakan yang maksimal, sehingga sistem kinerjanya lebih stabil dan terjaga. Sektor grafisnya didukung GPU PowerVR GT7600 agar menjadikan kualitas gambarnya lebih tajam.

Kamera utamanya yang berlensa 12 MP sudah mampu menghasilkan gambar yang beresolusi maksimal ( 4608 x 2592 pixel ). Tidak lupa juga, Apple memberikan fitur pelengkap, seperti phase detection autofocus, dual LED flash, geo tagging, maupun HDR. Sedangkan kamera sekunder iPhone SE hanya memiliki lensa 1.2 MP saja.

Dari segi penyimpanannya, iPhone SE mempunyai kapasitas RAM 2 GB, jadi Anda tidak perlu khawatir untuk menjalankan beberapa aplikasi sekaligus ataupun bermain game. Sedangkan untuk menyimpan file atau data Anda, Apple memberikan 2 alternatif kapasitas penyimpanan internal, yaitu 16 GB dan 64 GB.

Menurut beberapa review, kapasitas baterai iPhone SE tergolong terlalu kecil, sehingga user tidak bisa lama-lama menikmati pemakaian ponsel ini. Kalau pun baterainya rusak, Anda juga tidak bisa menggantinya, karena sistem baterainya non-removable. Jadi, Anda harus benar-benar menjaga kualitas baterainya.

Harga iPhone SE berbeda-beda tergantung kapasitas memori internalnya. Jika Anda ingin membeli yang 16 GB, Anda harus mengeluarkan 5,4 juta. Sedangkan harga yang 64 GB, berada dikisaran 6 juta. Apakah Anda tertarik membelinya?